Aplikasi Elektronik Data+

  • Cloud Computing

Secara umum kinerja dalam organisasi atau perusahaan merupakan jawaban dari berhasil atau tidaknya tujuan organisasi atau perusahaan yang telah ditetapkan. Para atasan atau manajer sering tidak memperhatikan kecuali sudah sangat buruk atau segala sesuatu jadi serba salah. Terlalu sering manajer tidak mengetahui betapa buruknya kinerja telah merosot sehingga perusahaan / instansi menghadapi krisis yang serius. Kesan – kesan buruk organisasi yang mendalam berakibat dan mengabaikan tanda – tanda peringatan adanya kinerja yang merosot.

Kinerja karyawan (prestasi kerja) adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kinerja SDM adalah prestasi kerja, atau hasil kerja (output) baik kualitas maupun kuantitas yang dicapai SDM per satuan periode waktu dalam melaksanakan tugas kerjanya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Penilaian prestasi kerja merupakan usaha yang dilakukan pimpinan untuk menilai hasil kerja bawahannya. Penilaian prestasi kerja (performance appraisal) adalah proses melalui mana organisasi-organisasi mengevaluasi atau menilai prestasi kerja karyawan. Kegiatan ini dapat memperbaiki keputusan-keputusan personalia dan memberikan umpan balik kepada para karyawan tentang pelaksanaan kerja mereka.

Dengan adanya pemahaman dan penjabaran kinerja diatas, tentunya dibutuhkan sebuah penunjang bagi karyawan untuk dapat memenuhi segala kegiatan dan aktifitas kerja, terutama pada perangkat hardware seperti komputer dan perangkat lunak seperri aplikasi. Dalam kebutuhan perangkat tentunya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, untuk mengatasi pengeluaran biaya yang tinggi, dapat kita atasi dengan menggunakan pemanfaatan teknologi komputer yang disebut Cloud Computing

Secara umum, definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.

Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup Software as a Service (SaaS), Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh Aplikasi Cek Kerja +Plus menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud

Manfaat Cloud Computing

Setelah penjabaran definisi singkat diatas tentu penggunaan teknologi dengan sistem cloud cukup memudahkan pengguna selain dalam hal efisiensi data, juga penghematan biaya. Berikut manfaat manfaat yang dapat dipetik lewat teknologi berbasis sistem cloud.

1. Semua Data Tersimpan di Server Secara Terpusat

Salah satu keunggulan teknologi cloud adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri. Selain itu, pengguna juga tak perlu repot repot lagi menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan/storage dll karena semua telah tersedia secara virtual.

2. Keamanan Data

Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dll.

3. Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi

Teknologi Cloud menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti hardisk. Bahkan salah satu praktisi IT kenamaan dunia, mendiang Steve Jobs mengatakan bahwa membeli memori fisik untuk menyimpan data seperti hardisk merupakan hal yang percuma jika kita dapat menyimpan nya secara virtual/melalui internet.

4. Investasi Jangka Panjang

Penghematan biaya akan pembelian inventaris seperti infrastruktur, hardisk, dll akan berkurang dikarenakan pengguna akan dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati dengan penyedia layanan Cloud Computing. Biaya royalti atas lisensi software juga bisa dikurangi karena semua telah dijalankan lewat komputasi berbasis Cloud. Dalam skala nasional sendiri penerapan teknologi Cloud juga dapat dilihat melalui penggunaan Point of Sale/program kasir.

Penjelasan komponen Cloud Computing
1. Software as a Service (SaaS)

Salah satu layanan dari Cloud Computing dimana kita tinggal memakai software (perangkat lunak) yang telah disediakan. User hanya tahu bahwa perangkat lunak bisa berjalan dan bisa digunakan dengan baik.

Contoh, layanan email publik (Gmail, YahooMail, Hotmail), social network (Facebook, Twitter, LinkedIn) instant messaging (Yahoo Messenger, Skype, Line, WhatsApp) dan masih banyak lagi yang lain.

Dalam perkembangan-nya, banyak perangkat lunak yang dulu hanya kita bisa nikmati dengan menginstall aplikasi tersebut di komputer kita (on-premise) mulai sekarang bisa kita nikmati lewat Cloud Computing.

Keuntungan-nya, kita tidak perlu membeli lisensi dan tinggal terkoneksi ke internet untuk memakai-nya. Contoh, Microsoft Office yang sekarang kita bisa nikmati lewat Office 365, Adobe Suite yang bisa kita nikmati lewat Adobe Creative Cloud.

2. Platform as a Service (PaaS)

Layanan dari Cloud Computing kalau kita analogikan dimana kita menyewa “rumah” berikut lingkungan-nya (sistem operasi, network, database engine, framework aplikasi, dll), untuk menjalankan aplikasi yang kita buat.

Kita tidak perlu pusing untuk menyiapkan “rumah” dan memelihara “rumah” tersebut. Yang penting aplikasi yang kita buat bisa berjalan dengan baik di “rumah” tersebut. Untuk pemeliharaan “rumah” ini menjadi tanggung jawab dari penyedia layanan.

Sebagai analogi, misal-nya kita sewa kamar hotel, kita tinggal tidur di kamar yang sudah kita sewa, tanpa peduli bagaimana “perawatan” dari kamar dan lingkungan-nya. Yang penting, kita bisa nyaman tinggal di kamar itu, jika suatu saat kita dibuat tidak nyaman, tinggal cabut dan pindah ke hotel lain yang lebih bagus layanan-nya.

Contoh penyedia layanan PaaS ini adalah: Amazon Web Service, Windows Azure, bahkan tradisional hosting-pun merupakan contoh dari PaaS.

Keuntungan dari PaaS adalah kita sebagai pengembang bisa fokus pada aplikasi yang kita buat, tidak perlu memikirkan operasional dari “rumah” untuk aplikasi yang kita buat.

3. Infrastructure as a Service (IaaS)

Adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita bisa “menyewa” infrastruktur IT (komputasi, storage, memory, network). Kita bisa definisikan berapa besar-nya unit komputasi (CPU), penyimpanan data (storage), memory (RAM), bandwith, dan konfigurasi lain-nya yang akan kita sewa.

Mudah-nya, IaaS ini adalah menyewa komputer virtual yang masih kosong, dimana setelah komputer ini disewa kita bisa menggunakan-nya terserah dari kebutuhan kita. Kita bisa install sistem operasi dan aplikasi apapun diatas-nya.

Contoh penyedia layanan IaaS ini adalah: Amazon EC2, Windows Azure (soon), TelkomCloud, BizNetCloud, dan sebagainya.

Keuntungan dari IaaS ini adalah kita tidak perlu membeli komputer fisik, dan konfigurasi komputer virtual tersebut bisa kita rubah (scale up/scale down) dengan mudah. Sebagai contoh, saat komputer virtual tersebut sudah kelebihan beban, kita bisa tambahkan CPU, RAM, Storage dan lainnya dengan segera.

Lalu apa hubungan penjabaran diatas dengan Aplikasi Elektronik Data+. Aplikasi ini merupakan penggabungan dua jenis teknologi cloud computing antara Infrastructure as a Service (IaaS) dan Platform as a Service (PaaS). Dengan adanya aplikasi ini, kebutuhan akan sistem cloud computing atau koneksi komputer awan yang telah terintegrasi dengan pengguna dapat dengan mudah memanfaatkan fasilitas dengan baik dan aman.

Aplikasi Elekteonik Data+ memiliki 3 modul dalam sistem kerjanya diantaranya :
1. Aplikasi Elektronik Data+ Android

Aplikasi ini digunakan sebagai media tranafer data, info update data, upload download file, proses kerja pada sedang mobile dan lainnya yang berhubungan dengan data.

2. Aplikasi Elektronik Data+ Website

Aplikasi ini digunakan sebagai pengguna yang menjalankan fasilitas computing cloud yang didalamnya menyediakan infrastruktur seperti data center, pembuatan surat menyurat, pengetikan berkas, media penyimpanan/storage, pembuatan surat berkas data file, pengaturuan hak akses, grouo policy serta arsip data yang telah disediakan secara virtual.

3. Aplikasi Elektronik Data+ Desktop

Aplikasi ini pada dasarnya sama dengan aplikask berbasis website, hanya saja dibedakan berdasarkan media penggunaan fasilitas kelengkapannya saja, yang dimana dapat digunakan sebagai media offline. Untuk fitur dan menjalankan fasilitas computing cloud juga sama yang didalamnya menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan/storage, pembuatan surat berkas data file, pengaturuan hak akses, grouo policy serta arsip data yang telah disediakan secara virtual.

Dukungan modul yang disediakan pada Aplikasi Elektronik Data+ diantaranya :

  • Aplikasi android
  • Layanan computing cloud
  • Master data
  • History log data
  • Kelengkapan tools kerja
  • Enkripsi data
  • Alarm self service
  • + Keamanan aplikasi USB Dongle U5 1010

Kebutuhan spesifikasi perangkat :

  • IP domain
  • Web hosting
  • Tablet android/windows
  • Layanan Google Play Store
  • Layanan Apple Store
  • Storage Server
  • Shared Server
  • Colocation Server
  • Koneksi Internet

Manfaat Dan Keuntungan :

  • Management kerja tertata rapi
  • Integrasi dengan sistem aman
  • Laporan yang lengkap
  • Penyimpanan data aman

Siapa Saja Yang Membutuhkan :

  • Perusahaan
  • Pemerintah
  • Organisasi
  • Perorangan
  • Pihak Ke 2

Dukungan Aplikasi

  • Keamanan Data Terjaga

  • Support Export Data

  • Dukungan Koneksi Stabil

  • Slip Gaji 10+

  • Dukungan Buku Panduan

  • Dukungan Buku Panduan

  • Dukungan Buku Panduan

  • Dukungan Buku Panduan

Tampilan



Copyright © 2004 Siudase | Design balinese